List Cara Menciptakan Batik Tulis

Cara Membuat Batik Tulis
Sebelum kita mengetahui proses pembuatan batik tulis ada baiknya bila kita terlebih dahulu mengetahui apa itu batik. Batik mempunyai dua arti yaitu baris dan titik yang lalu digabungkan menjadi batik, Membatik adalah salah satu cara pembuatan materi pakaian. Batik tulis menjadi pujian tersendiri dan merupakan karya seni yang bernilai tinggi dibandingkan batik cap maupun batik printing. Seni batik tulis telah dikenal di seluruh dunia, terutama batik Indonesia yang mempunyai ciri khas yang unik. Oleh sebab itu kita wajib menjaga dan melestarikan batik kepada belum dewasa kita nantinya.
Proses pembuatan batik tulis ini memakan waktu yang cukup usang untuk kain yang tidak mengecewakan besar sebab dalam pembuatan batik tulis ini harus memerlukan ketelitian yang cukup dalam menorehkan tinta ke kain dan juga membutuhkan orang yang andal dalam pembuatannya.
Ok gak nunggu usang cara pembuatan batik tulis.

Alat dan Bahan:
Canting
Canting ialah alat yang digunakan untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuatbatik tulis, kerajinan khas Indonesia. Canting tradisional untuk membatik ialah alat kecil yang terbuat dari tembaga dan bambu sebagai pegangannya.
1. Malam Malam ini ialah sebagai tinta untuk membatik malam lalu dipanaskan. malam ini terbuat dari sarang lebah dan lalu dicampur dengan materi yang lainnya untuk memperkuat melekatnya tinta pada kain.
2. Wajan dan Kompor wajan dan kompor berfungsi untuk memanaskan malam.
3. Kain daerah membatik pastinya. Untuk jenis kain Anda dapat menentukan kain sesuai selera. Intinya kain yang mahal akan mempunyai harga yang mahal juga. Macam-macam kain yang sering digunakan sebagai media batik antara lain katun atau primis, organdi, sutera, ATBM, santio, sifon dan lain-lain.

Cara Kerja:
Sebelum mebatik dilaksanakn buatlah skema terlebih dahulu mengunakan pensil pada kain batik lalu gres kain gres siap dibatik. Pembatikan Kain Kain yang sudah digambar lalu dibatik memakai canting yang sudah terisi malan atau lilin yang sudah dipanaskan. Untuk membatik kain cukup mengikuti gambar yang ada pada kain. Pencelupan atau Pewarnaan. Kain yang sudah dibatik lalu dicelup atau direndam ke dalam pewarna yang diinginkan selama 20 menit. Pelorotan atau Pencucian. Proses pembersihan atau pelorotan ini sama ibarat langkah ketiga, yaitu dicuci atau dilunturkan memakai air panas semoga sisa-sisa warna dan malan atau lilin bersih. Proses terakhir yaitu Penjemuran. Jemur kain ditempat sejuk yang tidak terkontak pribadi dengan sinar matahari semoga warna kain bagus. dan kainpun siap dipasarkan dan digunakan.

Penulis : Fernada Rinni ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel List Cara Menciptakan Batik Tulis ini dipublish oleh Fernada Rinni pada hari Minggu, 01 Juli 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan List Cara Menciptakan Batik Tulis